Apa Itu Tradisi Black Friday?

By ADMIN Nov 29, 2019 5:51:50 PM

15VIEWS
0SHARES


Quizy.id - Tradisi Black Friday bukanlah hal yang umum sering kita dengar, terutama bagi masyarakat Indonesia, tidak seperti halnya Valentines Day, Mother’s Day, Father’s Day dan yang lainnya.  Namun, Tradisi Black Friday yang tepat jatuh di tanggal 29 November 2019 ini, kian familiar di kalangan para pengguna Shop Online, pasalnya moment Black Friday kali ini banyak digunakan para e-commerce di Indonesia.

Tradisi Black Friday merupakan tradisi masyarakat Amerika dan Eropa yang sudah ada sejak tahun 1950-an.  Secara sejarah, munculnya Black Friday berawal dari krisisnya keuangan pasar emas AS pada tahun 1869.  Dua pemodal Wall Street Jim Fisk dan Jay Gould, bersama-sama membeli emas dalam jumlah besar dengan harapan harga keseluruhan melonjak. Saat harga melonjak, mereka menjualnya dengan harga tinggi.  Kala itu pasar emas AS hancur, hingga perdagangan luar negeri terhenti.

Namun, pada tahun 1950-an, para polisi Philadelphia menggunakan istilah Black Friday untuk 1 hari setelah Thanksgiving, karena semua orang termasuk para turis akan berbondong – bondong pergi ke kota di hari Jumat itu untuk menonton pertandingan sepak bola dan berbelanja persiapan natal, sehingga lalu lintas padat dan para polisi harus berdiri berjam – jam untuk mengatur lalu lintas.

Thanksgiving jatuh pada hari kamis di minggu keempat setiap bulan November, sedangkan Black Friday adalah 1 hari setelah Thanksgiving.  Jadi pada tahun ini, Black Friday jatuh pada tanggal 29 November.  Biasanya pada Black Friday, seluruh toko – toko ritel mengobral besar-besaran produknya dan hal ini hanya terjadi di momen Black Friday.  Tak heran, sering kali terjadi kerusuhan berbelanja, karena berburu diskon.

Di Tahun 2019 ini, e-commerce Indonesia pun mulai banyak yang memanfaatkan momen Black Friday untuk berbagai promo.

Sumber. Bussinessinsider.com