Hannah Al Rashid Menekankan Pentingnya Membela Korban Pelecehan!

By ADMIN Jun 17, 2021 2:40:49 PM

5VIEWS
0SHARES

Hannah Al Rashid Menekankan Pentingnya Membela Korban Pelecehan!

Quizy.id – Aktris Hannah Al Rashid yang juga seorang aktivis perempuan ikut menyuarakan pentingnya solidaritas untuk korban pelecehan seksual setelah seorang wanita dengan nama pengguna @quween**** menceritakan pengalamannya dilecehkan oleh Gofar Hilman di sebuah utas.

Selain Hannah, beberapa figur publik yang menyuarakan dukungannya untuk @quween**** adalah Uus, Arie Kriting, dan Sakdiyah Ma’ruf. Dalam sebuah cuitan melalui akunnya, Uus menuliskan,

"Gofar teman gue, dia banyak ngajarin gue soal struggling dan surviving, tapi kalau soal ini, gue dukung Mbak ****, gue berteman dengan siapapun tapi buat gaya hidup dan  cara hidup itu bukan ranah gue. Semoga Mbak **** dikawal terus sampai kasus ini nemu titik terang," cuitnya. 

Sama seperti Hannah, komika perempuan Sakdiyah Ma’ruf juga menyuarakan pentingnya menunjukan solidaritas untuk korban pelecehan dalam situasi apapun. Keduanya juga menyuarakan pentingnya pengesahan Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual atau RUU PKS yang juga mendukung korban mendapatkan keadilan, terutama pemulihan. Ia mengatakan, butuh keberanian besar bagi korban untuk berani berbicara.

Jadi, jika ada seseorang yang mengaku menjadi korban pelecehan, yuk dengar dan duukung mereka. Menurut Kawan Puan ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat menyaksikan pelecehan terjadi:

  1. Baca situasi

Hal pertama yang kamu bisa lakukan adalah membaca situasi, apakah kamu aman secara fisik, apakah pelaku mungkin melukai korban. Dengan memastikan tindakan mu tidak membahayakan dirimu sendiri atau memperburuk keadaan.

  1. Intervensi langsung

Setelah membaca situasi, jika kamu merasa aman, kamu bisa langsung mengintervensi pelaku dengan yakin. Kunci dari intervensi ini adalah mengatakan hal singkat seperti “berhenti, itu pelecehan!”

  1. Buat pengalihan

Jika kamu ragu untuk menghadapi sang pelaku, maka kamu bisa buat pengalihan, seperti pura-pura mengajak korban berbicara dan arahka dia ke tempat yang lebih aman.

  1. Cari orang lain yang bisa membantu

Jika terlibat langsung dirasa tidak aman dan hanya akan memperburuk suasana, hal yang bisa kamu lakukan adalah mencari orang lain yang bisa menolong seperti petugas keamanan dan manager toko.

  1. Cek keadaan korban

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menanyakan kabar korban, apa saja hal yang dia butuhkan dan bisa kamu bantu. Kamu juga bisa menyarankan korban untuk mengakses bantuan melalui carilayanan.com

  1. Dokumentasikan kejadian

Dalam situasi seperti ini, kamera HP kamu bisa membantu korban dengan merekam video, foto atau suara pada saat kejadian sebagai bukti. Tapi, pergunakan hasil rekaman dengan bertanggung jawab ya. Jangan pernah menyebarkannya tanpa izin dari korban.