Tetap Sehat Dengan Olahraga Saat Berpuasa

By ADMIN May 4, 2020 3:46:05 PM

0VIEWS
0SHARES


Quizy.id - Bulan ramadan tahun ini memang sedikit berbeda. Setelah selama ini terbiasa untuk melakukan ibadah puasa sambil beraktivitas di luar rumah, tahun ini harus ibadah puasa harus dihabiskan dari dalam rumah karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar meski sedang berpuasa di rumah. Selain membawa pengaruh positif pada tubuh, olahraga juga bisa membawa pengaruh pada kesehatan mental karena dapat membantu produksi endorfin, hormon yang mampu memperbaiki mood dan mencegah stress. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan olahraga di bulan puasa.

 

1. Waktu olahraga

Perhatikan waktu saat olahraga. Dilansir dari thenational, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa karena saat berpuasa, perut dalam keadaan kosong. Waktu yang disarankan untuk melakukan olahraga adalah sesaat setelah berbuka puasa karena tubuh sudah mendapat energinya kembali dari makanan dan minuman.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa waktu terbaik melakukan olahraga adalah pada saat menjelang berbuka puasa. Seperti yang dilansir dari Kompas.com, dr. Saptawati Bardosono mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan.

Kedua pendapat ini tentunya bisa diaplikasikan sesuai dengan kondisi tubuh kita masing-masing. Jadi, yuk kenali kebutuhan diri sendiri!

 

2. Olahraga yang baik dilakukan saat puasa

Selanjutnya, anda harus perhatikan jenis olahraga. Umumnya, lakukan olahraga intensitas ringan sampai sedang atau jenis olahraga yang biasa anda lakukan. Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah jalan kaki, jogging, bersepeda, yoga, tai chi, serta sit up dan push up. Naik turun tangga juga merupakan salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

 

3. Asupan makanan yang diperlukan

Saat Ramadan, umumnya terdapat perubahan pola makan karena hanya bisa makan saat sahur dan berbuka puasa. Maka, asupan tubuh juga perlu diperhatikan dengan menjaga konsumsi makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasanya, tidak berlebih dan juga tidak kekurangan, dan juga makan beragam makanan yang mengandung zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.

 

4. Banyak minum

Saat olahraga saat berpuasa, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah kemungkinan tubuh untuk mengalami dehidrasi. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan bahwa asupan cairan yang masuk ke tubuh setidaknya 1,5 - 2 liter per hari. Selain itu, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah tubuh kehilangan cairan melalui keringat sehingga menyebabkan dehidrasi.

 

5. Perhatikan juga lama tidur

Agar tubuh tetap sehat selama berpuasa, pastikan bahwa waktu tidur sudah cukup yaitu sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.